Photobucket

Senin, 28 November 2011

Welcome Box Untuk Blog Kita

Kali ini saya ingin berbagi dengan rekan-rekan blogger semuanya sebuah ilmu yang bagi saya tak ternilai harganya. Iya, emang bener, nilai informasi ini gak bisa saya ungkapkan, karena dibagi gratis ama seorang rekan blogger. Hehhe.. Bayangkan, seorang rekan blogger dalam blognya Ikiapik membuat sebuah posting khusus untuk menjawab pertanyaan saya mengenai membuat Welcome Box untuk Blogspot / blogger. Thanx Bro, Saya merasa tersanjung.

Sebagai bentuk penghargaan saya, maka saya sharing aja ilmu yang saya dapet ini kepada rekan-rekan blogger lainnya. Ya bukankah ilmu itu akan jadi lebih indah kalau dibagi? hehhehe... (jadi keinget kalimat di film Antitrust yang saya tonton kemarin nih). Ok langsung aja.

Kalau rekan-rekan blogger jalan-jalan ke blog lain, mungkin sering menemui adanya welcome box seperti ini.

Welcome Box For Blog

Mungkin juga sebagian besar penasaran, gimana sih cara bikinnya? apa perlu kode Javascript yang rumit? Saya pun dulunya penasaran sampai nekat nanya ama bro Ikiapik. Akhirnya setelah menunggu sekian lama dengan kesabaran yang prima (hiperbolis!) saya mendapatkan jawabannya.

Scriptnya sederhana banget, kalau ga mau dibilang gampang (ya iyalah, kan saya cuman nyontek. Hehehe.. Ga kebayang deh yang bikinnya). Tapi meskipun sederhana, coba deh Nyari kata kunci Welcome Box, dijamin rada pusing dan muter-muter juga tuh nyarinya. Terus caranya Gimana?

Anda tinggal Log in ke Blogspot, cari pengaturan template, dan klik Edit HTML. Sebelumnya, ingat untuk memback up Template yang anda gunakan sekarang.

Anda tinggal cari (menggunakan Ctrl+F tentunya) kode </head>, terus anda tempelkan script dibawah ini, tepat sebelum tulisan </head> tadi:

<SCRIPT LANGUAGE='javascript'>

function canAcceptCommand()
{
return true;
}
function run()
{
alert("Tulis Apa Aja, Terserah Anda");
}
</SCRIPT>


lalu anda tinggal nyari kode <body>. Biasanya sih tepat dibawah kode </head> tadi. Kalau sudah ketemu, ganti kode <body> dengan kode baru <body onLoad='run()'>. Udah. Selesai.

Jadi sekarang setiap kali ada kawan anda yang tiba di blog anda setelah berjalan-jalan di blogsphere, maka mereka akan disambut dengan kata-kata pembuka (Welcome Box) yang manis sekali. Lebih manis lagi kalau dikasi minum, kue dan uang jalan sih sebenernya. hehehhehe.. Adios Banditos.

Sedikit Saran: Bijaklah dalam menggunakan Javascript


Sumber:
http://magnakanta.blogspot.com/2009/05/welcome-box-untuk-blog-kita.html

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons